PROFIL SMK NU AN-NAHDLIYAH PANGURAGAN PROGRAM KEAHLIAN MULTIMEDIA

 

KUMPULAN SERAGAM DAN LOGO DCIM143MEDIA

SMK NU AN-NAHDLIYAH PANGURAGAN didirikan di ruang lingkup pendidikan yaitu Yayasan AN ANHDLIYAH AL-MA’ARIF PANGURAGAN CIREBON pada tanggal 28 bulan November tahun 2012 yang beralamat Jalan Makam Santri No. 06 Blok 02 Desa Panguragan Kulon Kec. Panguragan Kab. Cirebon 45163. Hasil Tim Pengkaji Pendirian dan Penutupan Sekolah TK, SD, SMP, dan SMA/SMK Tingkat Kabupaten Cirebon tanggal 14 Maret 2013 dengan itu SMK NU AN-NAHDLIYAH mendapatkan rekomendasi penerimaan siswa baru atau mendapatkan Izin  Operasional tahap 1 yang ditetapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon Bapak Drs. ERUS RUSMANA, M.Si. tanggal 10 April 2013 di Sumber. Berdirinya  SMK NU AN-NAHDLIYAH PANGURAGAN  dipelopori oleh beberapa pakar pendidik yang ada di daerah Panguragan salah satu diantaranya yaitu Bapak H. MUJIB AFANDI, S.Pd.I. sebagai pencetus SMK NU AN NAHDLIYAH sekaligus Ketua Yayasan AN ANHDLIYAH AL-MA’ARIF PANGURAGAN CIREBON beserta Ibu Hj. ANISA, S.Ag. selaku Bendahara dan didukung oleh tangan dingin beberapa guru. Serta pendidik yang selalu siap untuk terciptanya SMK NU AN-NAHDLIYAH PANGURAGAN yaitu Bapak Nanda Yudana, S.Pd. dan Bapak H.M.Supriyadi, S.Pd.
 
SMK NU AN NAHDLIYAH merupakan satu-satunya SMK Swasta yang menjadi SMK Multimedia sebagai Sekolah Menengah Kejuruan yang ada di Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon, dengan spesialisasi multimedia satu-satunya di Panguragan memiliki potensi dan peluang yang sangat besar untuk ditingkatkan dan dikembangkan dalam Program keahlian yang mempelajari mengenai kompetensi siswa dibidang multimedia dalam kombinasi teks, seni, animasi, gambar dengan dilengkapi audio video yang di komunikasikan /disampaikan baik melalui computer atau peralatan manipulasi elektronik dan digital lain.
 
SMK—Era Reformasi—era Otonomi Daerah dan Era Global merupakan tantangan SMK NU AN-NAHDLIYAH yang harus dijawab dengan kebijakan dan program pengelolaan sekolah yang berbasis pada potensi dan kondisi sekolah dengan outcome yang mengacu pada kebutuhan pasar dan membekali tamatan dengan kecakapan dan keberanian memecahkan permasalahan dalam kehidupan.
 
Reformasi pendidikan menengah kejuruan telah digulirkan sejak tahun 1993 yang ditandai dengan visi bahwa SMK harus secara kuat menunjang perkembangan ekonomi nasional, maka SMK NU AN-NAHDLIYAH akan melaksanakan salah satu strategi operasional diberlakukannya Pendidikan Sistem Ganda sebagai pola umum penyelenggaraan Kurikulum SMK yang merupakan bentuk implementasi dari kebijakan Link and Match dalam rangka mendekatkan relevans antar kualifikasi ketrampilan tamatan SMK dengan kualifikasi ketrampilan jabatan kerja. Dimensi Reformasi (Paradigma Baru) sebagai Strategi implementasi pendidikan menengah  kejuruan sebagaimana yang telah digariskan pada Program Pembangunan Nasional (Propenas), ditandai dengan VISI 2006 “Pendidikan menengah kejuruan sebagai pusat layanan penyiapan tenaga kerja tingkat menengah yang trampil, terdidik, professional dan berdaya saing sesuai dengan tuntutan pembangunan nasional”. Adapun Visi SMK NU AN-NAHDLIYAH menjadi program atau jurusan yang mampu membimbing, mendidik, melatih, dan mengembangkan siswa agar menjadi insan yang berakhlak mulia, berpengetahuan, berketerampilan, produktif dan mandiri. MisiSMK NU AN-NAHDLIYAH mengembangkan peserta didik agar memiliki kecerdasan phisik, kecerdasan intelektual, kecerdasan sosial, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual, menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan keahlian sesuai dengan kompetensi keahliannya sehingga mampu berkompetisi dipasar kerja nasional dan global, menghasilkan tamatan yang memiliki kecakapan hidup untuk membuka usaha mandiri, meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan untuk mendukung proses pembelajaran yang optimal, dan meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kerja kependidikan yang bersertifikasi.
 
SMK NU AN-NAHDLIYAH pada era reformasi, era otonomi daerah dan persiapan era global, diantisipasi dengan arah kebijakan Menteri Pendidikan Nasional dengan pendidikan berorientasi Kecakapan Hidup ( Life Skill Education ) yang memberikan bekal kepada peserta didik untuk dapat memiliki kecakapan dan keberanian untuk mengatasi permasalahan dalam kehidupan, melalui pendekatan pendidikan yang berbasis luas dan mendasar (Broad Based Education ) yang diberlakukan untuk pendidikan yang bersifat regular maupun non-regular.
 
SMK NU AN-NAHDLIYAH mempunyai Arah kebijakan Direktorak Pendidikan Menengah Kejuruan melalui Reposisi Pendidikan kejuruan menjelang 2020 melalui pendekatan pendidikan yang berbasis luas dalam rangka peningkatan dan pengembangan pengelolaan SMK melalui (1) Re-engineering SMK dalam rangka manata ulang program keahlian di SMK dan meningkatkan peran SMK menjadi Pusat Pelatihan Kejuruan Terpadu dan (2) Re-engineering pendidikan kejuruan untuk mendorong terciptanya system pendidikan yang permeable dan fleksibel.
 
SMK NU AN-NAHDLIYAH akan selalu siap pada era otonomi daerah yang sedang dilaksanakan oleh Pemerintah, akan membawa dampak meningkatnya pembangunan diberbagai sector di daerah dalam menggali dan memanfaatkan potensi yang dimiliki untuk membangun daerahnya. Keadaan ini menuntut adanya peningkatan sumber daya manusia yang terdidik, terampil, professional yang berbudi luhur dan peralatan yang diperlukan dalam berbagai sector. Salah satu sumber daya alat dan manusia yang potensi untuk dikembangkan untuk menunjang pembangunan adalah adanya SDM yang memiliki kemampuan sebagai teknisi tingkat menengah tamatan SMK NU AN-NAHDLIYAH khususnya program keahlian Multimedia untuk memproduksi, mengoperasikan, memperbaiki dan merawat alat-alat untuk menunjang dunia usaha/industri pengembang web (web development), pengembang multimedia (multimedia development), rumah produksi sinema/film (production house), industri media dan periklanan(media and advertisement), teknisi komputer (computer maintenance), maupun ruang lingkup pekerjaan seperti pembuat web, pemelihara web , pembuat multimedia, pemelihara multimedia, pembuat video klip, penyunting video, pembuat animasi, pembuat media informasi, pemelihara komputer  yang  semuanya menunjukkan kebutuhan yang komplek di dunia pekerjaan.
 
Untuk itu pihak SMK NU AN-NAHDLIYAH PANGURAGAN bersama Dinas Dikmenti Pemda Provinsi Jawa Barat, Pemerintah serta Alumni, perlu melakukan berbagai upaya kerjasama yang sinergi dengan berbagai pihak, khususnya Dunia Usaha melalui Majelis Sekolah dan masyarakat melalui Komite Sekolah yang peduli terhadap pendidikan di Panguragan Khususnya SMK NU AN-NAHDLIYAH program keahlian Multimedia dalam rangka merubah wajah, citra dan kualitas tamatannya agar dapat menjadi asset bangsa dan berkiprah dalam menunjang perkembangan ekonomi nasional serta mampu memenangkan persaingan tenaga kerja pada era global.
 

DAFTAR NAMA STRUKTURAL DAN PEGAWAI SMK NU AN-NAHDLIYAH PROGRAM KEAHLIAN MULTIMEDIA PANGURAGAN

JABATAN

NAMA

Ketua Yayasan dan Kepala Sekolah H. Mujib Afandi, S.Pd.I.
Komite Sekolah H. M. Supriyadi, S.Pd.
Bendahara H. Anisa, S.Ag.
Wakasek Ur. Kurikulum Moh. Gufron, S.Pd.
Wakasek Ur. Kesiswaan Mohamad Solikhin, S.Pd.I.
Wakasek Ur. Humas/ Wali Kela X Dedi Irawan, S.Pd.I.
Wakasek Ur. Sarana Mukhsin
Guru H. Rosadi, S.Ag.
Guru Iin Solikhin, M.Ag.
Guru M. Roisuddin, S.Pd.I.
Guru Lutfi Rauyani, S.Kom.
Guru Fatakullah, S.Pd.I.
Guru Yuke Ariesti Angelica, S.Pd.
Guru Kusnaedi, S.Pd.I.
Pembina Paskibra, Teater, Staf TU Moh. Gufron, S.Pd.
Pembina Marching Band Mohamad Solikhin, S.Pd.I.
Guru Aliffah
Guru Yaya Ratna Sari, A.Md.
Guru, Pembina Pramuka Tarudin

Goresan : Moh. Gufron, S.Pd.

Leave a comment